BERITASATU

Sejak Mei 2012 akhirnya saya bisa “menonton kembali” channel yang sudah lama sekali tidak saya tonton sejak 2007, yaitu Qtv yang sudah bertransformasi menjadi BERITASATU. Semenjak adanya kerjasama antara FiRsT MEDIA dengan aora akhirnya BERITASATU mulai mengudara di satelit setelah sebelumnya BERITASATU hanya bisa disaksikan oleh pengguna layanan TV kabel FiRsT MEDIA.

Masuknya BERITASATU ke satelit Measat 3A memperluas siaran dari FiRsT MEDIA News dari yang semula hanya JaBoDeTaBek, Surabaya, dan Bali melalui jaringan kabel FiRsT MEDIA, menjadi seluruh Indonesia melalui aora. Dengan demikian jumlah penonton potensial BERITASATU naik dari sekitaran 500.000 pelanggan FiRsT MEDIA menjadi 630.000 setelah ditambah pelanggan aora.

BERITASATU dulunya bernama Q channel pada 1997, merupakan channel khusus satelit dan kabel yang bisa disaksikan hanya melalui Indovision dan Kabelvision. Seiring dengan waktu siaran Q channel mulai meluas melalui Q channel network. Sayangnya hanya sedikit yang saya ingat dari Q channel network ini, seperti TATV Solo dan GNTV Malang. Pada 2006 Q Channel berubah menjadi Qtv, namun baru beberapa bulan saya tidak bisa menyaksikan lagi karena GNTV Malang jatuh dalam kebangkrutan. Baru di sekitar akhir 2006 saya bisa menyaksikan Qtv setelah Mahameru TV Malang menggantikan posisi GNTV Malang dalam Qtv Network. Digitalisasi Kabelvision mengubah produk tersebut menjadi digital1, sehingga Qtv bisa disaksikan di Indovision, Digital1, dan Qtv Network.

Tapi saya kehilangan Qtv lagi sejak Mahameru TV Malang ikut-ikutan berhenti siaran. Sampai akhirnya pada 2011 saya mendengar bahwa ternyata Qtv hanya bisa disaksikan di digital1 yang sudah di-re-brand menjadi FiRsT MEDIA, dan menjadi produk in-house nya. Pada 2011 itu juga Qtv ternyata berada di bawah bendera media Lippo Group yang bernama BERITASATU Media, dan pada 1 September 2011 menjadi channel HD pertama di Indonesia dengan nama BERITASATU, dan diluncurkan pada 3 September 2011. Barulah BERITASATU masuk di satelit pada Mei 2012.

Program BERITASATU banyak berisi berita (sesuai namanya) dengan Current Affairs yang cukup beragam. Sampai pada Juni 2012 ini program berita di BERITASATU ada di bawah bendera “Jurnal” meliputi Jurnal Pagi (90′), Jurnal Terkini (5′), Jurnal Siang (90′), Jurnal Internasional (30′), Jurnal Petang (30′), Jurnal Utama (120′), Jurnal Bisnis (60′), Jurnal Malam (30′), dan Jurnal Sport (30′). Program berita lainnya dalam Bahasa Inggris adalah The Morning Show (30′). Program Current Affairs ada Jurnal Ekstra, Bedah Politik, Solusi Sehat, Aviliani View, dan Dunia Tekno. Untuk dialog ada Impact (program dari Q channel dan Qtv yang tetap berlanjut sampai sekarang), Economic Review (yang kadang ditayangkan lagi sebagai bagian dari Jurnal Bisnis), Insight Indonesia (Bahasa Inggris), dan Dialog Jurnal Utama (re-run dialog yang tayang di program Jurnal Utama). Filler lainnya ada Karikatur Ekstra (tayangan gabungan Karikatur dan liputan Jurnal Ekstra, biasanya 30 menit), dan program lainnya adalah Tamasya.

Berita di BERITASATU

Ketika iklan BERITASATU tidak memunculkan logonya dengan “menarik” logonya ke kiri. Namun ternyata logo ini tidak sepenuhnya keluar

Salah satu desain iklan BERITASATU

Ada logonya lagi bukan?

BERITASATU disiarkan dalam format HD, dan HD selalu 16:9. Sedangkan di aora yang tayang adalah versi SDnya, seperti BERITASATU versi SD di FiRsT MEDIA. BERITASATU menggunakan teknik stretch karena BERITASATU HD “tidak mengenal” safe area. Otomatis, semua yang ada di BERITASATU SD menjadi “lonjong”. Beginilah yang saya tonton setiap hari.

Sejak Juni 2012 BERITASATU bisa ditangkap melalui satelit Palapa-D melalui Pay TV Skynindo (tapi kabarnya yang tidak berlangganan juga bisa mendapatkan siaran BERITASATU secara gratis) dan sekitar September 2012 ini akan mulai bersiaran se-Asia menggunakan satelit Lippostar yang digunakan untuk Pay TV baru dari Lippo, LIPPOVISION. Ini adalah keterangan yang saya dapatkan dari Pak Peter F. Gontha yang mendirikan Q channel dan saat ini merupakan Komisaris dari FMN (FiRsT MEDIA News/BERITASATU) sekaligus publisher BERITASATU.

Siaran BERITASATU dimulai pukul 05.30 WIB, pada bulan Mei berakhir pada pukul 00.00 WIB dan sejak Juni 2012 ini berakhir pada pukul 03.00 WIB. Nampaknya sebelum ulang tahun pertama nanti BERITASATU akan mulai bersiaran 24 jam.

27 thoughts on “BERITASATU

  1. Sebenarnya yang jadi channel HD pertama Indonesia itu BeritaSatu HD atau Kompas HD sih?
    Sayangnya target penontonnya itu yang punya pendapatan tinggi, jadi mungkin cuma siaran di TV satelit sama parabola
    Tapi kok grafiknya agak gimana gitu ya hehe

    • Ternyata HD pertama itu BERITASATU, mulai jalan 1 September 2011. KOMPAS juga HD tapi aku inget-inget dulu itu waktu aora launching HD tanggal 8 November 2011, Pak Apni di twitter bilang kalo KOMPAS HD mulai siaran hari itu (waktu launching aoraHD). Jadi, channel HD pertama sebenernya BERITASATU
      Iya, maunya kelas atas hehe
      Grafiknya kenapa?

      • Iya ya. Station IDnya agak mirip-mirip Metro TV sedikit
        Katanya di Aora masih versi SD, kenapa tetep dipasang tanda “HD” di layar kanan ya?

      • Kalo di forum satelit, istilahnya “copy paste”. Di HD ada label “HD”nya. Daripada ribet, akhirnya versi SDnya “copy paste” dari HD terus di-stretch. Hasilnya label “HD”nya tetep muncul di versi SD…

    • Mmm… Ngga kalo menurutku sih ada miripnya sih dikit-dikit hehe
      Iya bumpernya lumayan. Kalo studio virtual itu yang pertengahan Mei. Juni ini mereka sudah ganti lagi. Dulu pas awal Mei malah kelihatan banget kalo greenroom nya sempit banget. Studio virtualnya bener-bener ngesanin kalo studionya sempit

    • Saya jawab untuk berita saja, karena yang lain saya tidak tahu first run dan re-runnya. Lagipula re-runnya banyak

      Jurnal Bisnis (re-run) – 00.00 WIB
      Jurnal Malam (re-run) – 01.00 WIB
      Jurnal Sport (re-run) – 01.30 WIB
      Jurnal Pagi – 05.30 WIB
      The Morning Show – 07.30 WIB
      Jurnal Terkini – 09.00 WIB, 10.00 WIB, 11.00 WIB, 14.00 WIB
      Jurnal Siang – 12.00 WIB
      Jurnal Internasional – 15.00 WIB
      Jurnal Petang – 16.00 WIB
      Jurnal Internasional (re-run) 17.30 WIB
      Jurnal Utama – 18.00 WIB
      Jurnal Bisnis – 21.30 WIB
      Jurnal Malam – 22.30 WIB
      Jurnal Sport – 23.00 WIB

      Semuanya setiap hari

  2. helloo,..
    thx ya,.atas blog’nya sangat membantu promo beritasatu tv,.
    boleh saya bantu,.atas pertanyaan tmn2 yg laen tentang grafisnya,. ;D
    – konsep tv beritasatu itu pyur news tidak ada embel2 entertainement,.program current affairnya pun itu soft news,.
    – sekarang sudah dibenahi kok tampilan grafisnys,.blm liat ya,.new look yg baru buat newsnya,.hehehe
    – mungkin klo pertama2 grafisnya kurang bagus,.maklumin aja kita lagi proses pengerjaan,tp overall kita sudah maksimal,maklum lah grafisbroadcast itu seperti apa klo kejar target,. (klo ada yg bilang mirip metro,kita bisa terima kok,toh itu hanya sebuah opini)
    – ini tv HD pertama loh ^^,trus punya satelit sendiri :p
    doain yah ntar 2014 kita udah keluar dari kabel,. ^^
    – utk virtualnya alias studionya kita udah rombak kok,.sekarang lbh luas,.dan ca’em
    – logonya kita udah berubah kok,.lebih eyecatching,. :p
    – udah ahh,. gw ga mw bnyk cingcong nih situsnya bagi yg mw liat beritasatu,. http://www.beritasatu.tv atw beritasatu.com
    thx yaaa,.. \m/

    • Terima kasih banyak, ini saya manggilnya siapa ya? Orang Awam? Hehe
      Dari BERITASATU ya? Wah terima kasih sudah berkunjung dan kasih penjelasan yang detil🙂
      Desain barunya sudah muncul di artikel tentang PRIMETIME hehe

  3. SAYA pernah baca, Berita Satu malah sekarang sudah tidak hanya bisa dilihat lewat saluran berbayar (First Media atau Aora), tetapi lewat siaran terrestrial yang gratisan. Namun coverage area-nya masih sebatas wilayah Jakarta saja, dan hanya pesawat televisi yang di dalamnya sudah tertanam perangkat penangkap siaran digital generasi ke dua (DVB-T2) saja yang bisa menerima siarannya.

    Saya lagi menunggu Berita Satu siaran terretrial digital di Surabaya. (Era televisi FTA digital sudah dimulai, akan ada lebih banyak lagi saluran gratisan yang bisa ditonton).

    Semoga para bos Berita Satu tidak tergeletik untuk terjun ke dunia politik. Karena, dua televisi berita lainnya (Metro dan TVOne), karena sebab itu, saya rasakan independensinya agak berkurang.

    • BERITASATU sekarang mulai ekspansi ke FTA, ada beberapa TV lokal analog yang sudah digandeng. Kota besar mungkin langsung digital
      BERITASATU visinya memang non-partisan, jadi bisa dibilang yang paling independen sekarang ini ya cuma BERITASATU dan KOMPAS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s