Televisi Lokal Bali

Sebenarnya saya ingin update TV lokal di Malang Raya sekali lagi, tapi karena ada gangguan teknis di rumah saya, sementara saya belum bisa update lagi. Secara tertulis bisa saya sampaikan bahwa ada dua TV baru di Malang, yaitu GAJAYANA TV dan NAA tv. Keduanya mulai mengudara di Desember 2012 kemarin dengan GAJAYANA TV menempati kanal 28 UHF, sedangkan NAA tv di 21 UHF.

Karena saya tidak bisa memperbaharui informasi tentang TV lokal di Malang, saya putuskan untuk menulis tentang TV lokal di tempat yang baru saya kunjungi, Bali.

Saya menginap di sebuah hotel di Denpasar, Bali. TV lokal yang ada di sini tentu saja tidak bisa ditangkap di Bali utara kecuali ada stasiun relay di sana. Dari tempat saya menginap, saya mencoba mendokumentasikan TV lokal yang ada. Di wilayah Denpasar ada 4 TV lokal, yang dalam pembagian saya terbagi atas 1 TV murni lokal dan 3 TV lokal dengan kerjasama konten.

TV murni lokal: BALI TV

20130106 Televisi Lokal Bali P1

20130106 Televisi Lokal Bali P2

BALI TV merupakan televisi lokal terbesar di Bali, dan sudah dikenal di dunia internasional. BALI TV juga merupakan induk dari Indonesia Network. Secara umum program BALI TV ada pada kisaran berita, entertainment (drama seri seperti Mahabarata, film), dan tradisional.

TV lokal dengan kerjasama konten: ALAM TV, BMC, dan dewata tv

20130106 Televisi Lokal Bali P3

20130106 Televisi Lokal Bali P4

Nama ALAM TV baru saya ketahui ketika ada di Bali. Siaran ALAM TV berfokus pada ilmu pengetahuan alam alias IPA, sesuai dengan namanya. Namun demikian, ada juga beberapa program lainnya. Saat saya baru sampai di Bali, ALAM TV sedang menanyangkan program dari TV ANAK Spacetoon yang sedang menyiarkan infomersial pengobatan tradisional. ALAM TV sendiri juga tergabung dalam jaringan tempotv.

20130106 Televisi Lokal Bali P5

20130106 Televisi Lokal Bali P6

Bali Music Channel merupakan kepanjangan dari TV lokal yang berada dalam jaringan SINDOTV ini. Saat ini BMC menjadi TV lokal dengan siaran tersingkat, pukul 15.00–22.00 WITA atau hanya selama 7 jam. Hingga saat ini BMC hanya menayangkan program lokal, tapi dari desain iklannya kita bisa mengetahui bahwa BMC merupakan bagian dari SINDOTV.

20130106 Televisi Lokal Bali P7

20130106 Televisi Lokal Bali P8

dewata tv merupakan stasiun TV kedua yang hadir di Bali. Awalnya dewata tv merupakan sebuah TV lokal yang berdiri sendiri, namun saat ini sudah berada di bawah jaringan KOMPASHD. Menyesuaikan KOMPASHD yang menggunakan tampilan stretch, logo dewata tv didesain untuk sesuai dengan kebutuhan tersebut. Siaran lokal dewata tv nampaknya cukup banyak, bahkan ada juga siaran lokal yang tayang pada jam utama, 19.00 WITA atau 18.00 WIB.

Berikut channel line-up di Denpasar. Karena saya tidak tahu TV Jakarta mana yang memiliki siaran lokal selain TVRI, maka saya akan menulis dengan standar yang sama untuk TV-TV dari Jakarta

21 UHF  
22 UHF  
23 UHF dewata tv
24 UHF  
25 UHF antv stasiun Denpasar
26 UHF  
27 UHF INDOSIAR stasiun Denpasar
28 UHF  
29 UHF TVRI Bali
30 UHF  
31 UHF SCTV stasiun Denpasar
32 UHF  
33 UHF MNC TV stasiun Denpasar
34 UHF  
35 UHF RCTI stasiun Denpasar
36 UHF  
37 UHF METRO TV stasiun Denpasar
38 UHF  
39 UHF ALAM TV
40 UHF  
41 UHF tvOne stasiun Denpasar
42 UHF  
43 UHF TRANS TV stasiun Denpasar
44 UHF  
45 UHF TRANS 7 stasiun Denpasar
46 UHF  
47 UHF Global TV stasiun Denpasar
48 UHF  
49 UHF BALI TV Denpasar
50 UHF  
51 UHF BMC
52 UHF  
53 UHF  
54 UHF  
55 UHF  
56 UHF  
57 UHF  
58 UHF  
59 UHF  
60 UHF  
61 UHF  
62 UHF  

 

Bali merupakan sebuah wilayah yang tingkat ketradisionalitasannya terjaga dengan baik dan berjalan beriringan dengan arus modernisasinya. Jika di Jawa banyak kesenian yang berusaha modern, seperti gamelan yang digabung dengan alat musik modern semacam gitar dan lain sebagainya, di Bali yang benar-benar asli justru laku, walaupun yang digabung dengan alat modern tidak sepenuhnya “gagal.” Dalam hal beragama tentu saja Bali juga beda. Indonesia adalah negara mayoritas Islam, sedangkan Bali yang merupakan bagian dari Indonesia mayoritas Hindu.

Dengan komposisi masyarakat Indonesia yang beragama mayoritas Islam, adzan menjadi penting untuk ditayangkan. Namun, karena di Bali masyarakatnya mayoritas beragama Hindu, maka Puja Trisandya yang tayang. Puja Trisandya bukanlah panggilan untuk beribadah seperti adzan. Puja Trisandya adalah mantram yang dipergunakan untuk persembahyangan pagi, siang, dan sore hari. Puja Trisandya dilakukan pada pukul 6.00 pagi WITA, 12.00 siang WITA, dan 6.00 malam WITA (tapi perlu dicatat walaupun saya tulis 6.00 malam, pada waktu tersebut matahari belum terbenam). Karena itulah, stasiun TV yang ada di Bali menayangkannya pada waktu-waktu tersebut, namun tidak semua. Menurut beberapa artikel yang saya baca dulu di internet, hanya TVRI Bali, BALI TV, dan dewata tv yang menayangkan Puja Trisandya.

20130106 Televisi Lokal Bali P9

Puja Trisandya di BALI TV dengan mantram yang ditulis dalam aksara Bali dan terjemahan bahasa Indonesia

20130106 Televisi Lokal Bali P10

Puja Trisandya di dewata tv dengan mantram yang ditulis dalam huruf alfabet dengan terjemahan bahasa Indonesia

20 thoughts on “Televisi Lokal Bali

  1. Ternyata di Bali gak ada Spacetoon ya, jadi direlay sama Alam TV
    TV lokal di Bali ternyata gak banyak juga ya hehe
    Tapi terima kasih ya buat wawasan tentang TV di Bali ini🙂

  2. dalo d lihat2 entry channel.nya masih nyk yg kosong yh..
    tapi wktu ak nginap d denpasar (1 1/2thn yg lalu sih), ALAMTV, BMC, sama dewatatv gak ada tuh, ada.nya cm BaliTV.
    pdhl pas temen2ku dah pada tidur (jam 22 WITA) aku iseng nyari channel d sana, pagi juga. *mgkn dh kemaleman kali ya.. ==

  3. Trims ya untuk TV lokal di Bali ya, Dave. Tolong ya bahas TV lokal di Kota Medan sekaligus bergambar (foto dari Google+ saya, walaupun fotonya 16:9 pada TVnya), sama TV lokal di Malang Raya sekaligus bergambar lengkap dengan informasinya. Apalagi tolong dong bahas Binus TV.

    Ngomong-ngomong tentang Bali TV, hm, emang selalu update dalam programnya apalagi beritanya. Dulu, TelVis juga ada channel ini, di ch 149 (nomor channel ini sekarang dipegang sama Kompas TV). Apalagi program Kompas TV dulu juga ada di TelVis Channel/Arena, tapi cuma satu : Kompas Pagi. Sejak 1 Januari 2012, Kompas TV hadir di channel 149, sementara Bali TV dihapus. Sedihnya nggak ada Bali TV lagi😦. Tapi, di Indonesia Network, Bali TV punya dua saluran. Bali TV 1 ialah siaran nasional Bali TV (sebutan diudara : Bali TV). Bali TV 2 ialah saluran petualangan dan wisata di Bali (sebutan diudara : Bali TV – The Indonesia Traventure Channel). Oh ya, jangan lupa bahas Indonesia Network).

    Dua-dua ini tolong kamu bahas dan jangan lupa dibalas. Trims.

  4. Bali TV itu punya biro, seperti:
    1. Bali TV Aceh (Aceh TV)
    2. Bali TV Palembang (Sriwijaya TV)
    3. Bali TV Bandung (Bandung TV)
    4. Bali TV Semarang (Semarang TV)
    5. Bali TV Yogyakarta (JOGJA TV)
    6. Bali TV Surabaya (Surabaya TV)

    Di siaran Bali TV, saat waktu saya ke Jogja sekitar tanggal 3 Januari 2013, ketika Lintas Mancanegara dan Suluh Indonesia tayang di JOGJA TV. Itu menggunakan jam WIB di newsticker Bali TV (seperti di gambar kedua Bali TV). Tetapi, di rumah saya, di Surabaya. Surabaya TV telah memiliki iklan jaringan Indonesia Network. Dan, waktu Dave ke Bali itu, apakah Bali TV ada iklan Indonesia Network? Buktinya, waktu saya ke Jogja, JOGJA TV tidak ada iklan Indonesia Network.

    • Mas Fajar, betulkah ini bironya Bali TV? Kok TV lokal yang masuk Indonesia Network, kamu ketik biro daerah Bali TV, seharusnya kamu sebutin TV lokal aja gitu. Newstickernya, emang TV lokal yang masuk Indonesia Network, pake newstickernya Bali TV sono gitu. Iklan Indonesia Network, tiap TV lokal yang masuk Indonesia Network pasti ada tayangan iklan Indonesia Network-nya. Mungkin bagi daerah yang nggak tahu iklannya Indonesia Network, akan saya bagi videonya :

      Oh ya, sekali lagi, bagi pingin tahu sejarah Bali TV itu kayak mana, akan saya bagi juga videonya Profil Bali TV :

      Dua-dua video ini bagi daerah yang tercover TV lokal jaringan Indonesia Network, ada juga yang nggak tercover. Trims.

  5. Saat saya ke Jogja juga, saat relay Bali TV. Logo JOGJA TV ada di sebelah kanan atas dengan tulisan “Langsung Satelit”. Jika iklan, logo JOGJA TV tetap di kanan atas dan transparan (selama siaran di Bali TV). Di Surabaya TV, jika iklan (selama siaran di Bali TV), logonya di kiri atas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s