GAJAYANA TV

GAJAYANA TV, stasiun TV lokal terbaru di Malang Raya. Walaupun baru mengudara selama kurang lebih dua bulan, tapi sudah memberikan kejutan bagi saya. GAJAYANA TV nampak telah begitu siap untuk mengudara dengan standar yang jauh berbeda dengan TV lokal lain yang ada di Malang Raya.

Program-program yang akan ditayangkan di GAJAYANA TV secara umum tidak berbeda jauh dengan TV lokal lain, namun pengemasan GAJAYANA TV nampak jauh berbeda dengan TV lokal lain. GAJAYANA TV saya rasa bisa memberikan warna lain untuk dunia pertelevisian lokal di Malang Raya.

Sederetan program yang akan ditayangkan berfokus pada masyarakat Malang Raya. Nampak program-program yang begitu dekat dengan masyarakat siap dihadirkan. Idenya sangat sederhana, tapi cukup mengena. Masyarakat Malang Raya di luar Kota Malang dikenal begitu agraris, hadir program Budidaya Flora. Perkembangan Kota Malang yang mengarah ke kota modern, nampaknya akan masuk dalam program Citra Kota. Jembatan antara masyarakat dan pemerintah dan juga keakraban penduduk desa, menjadi gambaran yang saya tangkap dari promo program Balai Desa. Program yang dekat dengan anak sekolah, disiapkan dalam Lonceng Sekolah. Banyak lagi program yang lain, semuanya masih berlabel segera, tapi mampu menarik perhatian saya.

Yang juga sangat menarik bagi saya adalah program Dialog Khusus. Program ini disiapkan untuk bersaing dengan program sejenis yang bisa saya bilang tayang pada jam yang kurang menguntungkan (bukan berarti benar-benar kehilangan penonton, hanya jamnya saja yang kurang bagus). Sebut saja program I Love Malang Raya atv yang tayang pada pukul 10.00-12.00 pagi WIB, jam ini bukanlah jam tayang utama. Begitupun Bincang-Bincang di jtv malang, tayang pada pukul 4.30-5.30 siang/sore WIB Selasa dan Jumat, jam ini masih cukup menguntungkan karena jam ini bagian dari primetime lokal. Tapi GAJAYANA TV menyiarkan Dialog Khusus ini pada pukul 8.00-9.00 malam WIB, jam utama, walaupun hanya pada hari Senin. Program ini tentunya akan secara langsung bersaing dengan Apa Kabar Indonesia Malam tvOne.

Sebenarnya atv dahulu memiliki program dialog yang punya jam tayang yang lebih menguntungkan pada pukul 3.30-4.30 siang/sore WIB, Dinamika KWB yang berfokus pada Kota Wisata Batu. Tapi program ini menghilang dan berganti dengan 1001 Malang Raya, program yang tidak jauh berbeda dengan tayangan sejenis di kota lain pada jaringan KOMPASHD, yang menayangkan infomercial yang sangat lokal seperti restoran, hotel, dan beberapa lainnya. Nampaknya KOMPASHD semakin kuat dalam mengintervensi program TV lokalnya, otonomi seakan hilang di jaringan KOMPASHD.

Kembali ke GAJAYANA TV. Televisi yang sudah menguasai frekwensi 28 UHF sejak beberapa tahun terakhir ini mulai mengudara pada pukul 5.30 pagi WIB, menjadi TV murni lokal paling pagi di Malang Raya. DHAMMA TV memulai siaran pada 5.40 pagi WIB, dan Malang TV pada 6.00 pagi WIB, sedangkan ftv pada pukul 9.00 pagi WIB. Namun untuk durasi terpanjang masih dipegang oleh Malang TV dengan 18 jam, berakhir pada pukul 12.00 malam WIB, sedangkan GAJAYANA TV mengakhiri siaran pada pukul 9.30 malam WIB.

Secara teknis GAJAYANA TV sudah baik, terbukti mampu menyiarkan siaran langsung Dialog Khusus dengan gambar yang cukup jernih, setara dengan jtv malang dan Malang TV, di atas atv dan Batu tv, dan jauh di atas DHAMMA TV yang gambar siaran langsungnya buram. Semoga saja GAJAYANA TV mampu mempertahankan program-program yang ada, atau lebih bagus jika lebih berkembang lagi. Selamat mengudara untuk GAJAYANA TV, yang berslogan Bersama Kita Berjaya itu.

12 thoughts on “GAJAYANA TV

  1. Konsep acaranya kayak ATV dulu ya hehe. Kontennya lokal banget. Sayang gak ada fotonya sih. Tapi dulu katanya Gajayana TV ini punya Univ. Gajayana kan?

  2. Katulistiwa tv, Situbondo Tv dan Gajayana TV adalah satu grup televisi yang direktur utamanya adalah satu orang yang sama

    thanks atas saran dan kritiknya,,, semoga bisa menjadikan Gajayana Tv lokal nomor 1 di Malang
    dan satu hal lagi Gajayana Tv sekarang bukan milik Universitas Gajayana tetapi murni dikellola oleh Swasta hanya kebetulan tempatnya saja yang masih 1 komplek sama Uniga,,.

    • Terima kasih informasinya Mbak Fitria. Dari GAJAYANA TV kah?
      Terima kasih juga apresiasinya mbak. Saya baru tahu kalau GAJAYANA TV ternyata sudah dilepas Uniga, dan satu group sama beberapa TV lokal juga. Agak sayang khatulistiwa tv masuk KOMPAS, jadi logonya ngga sama lagi sama GAJAYANA TV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s